Jadwal Sholat Digital, Pengertian Dan Kegunaannya

Dari jaman dahulu hingga sekarang kita mengetahui jadwal sholat secara manual yaitu dengan di kumandangkannya adzan di surau, mushola maupun masjid sebagai penanda waktu sholat telah tiba.

Di jaman serba canggih seperti sekarang ini, kita di permudah dalam mengetahui waktu-waktu dalam sholat. Yaitu dengan di keluarkannya suatu program jadwal sholat digital. Sehingga banyak sekali produsen-produsen jam yang membuat program jadwal sholat digital dengan berbagai varian. Misalnya jam jadwal sholat digital yang baru-baru ini sedang marak adalah jadwal sholat digital dengan variant adzan dan iqomah. Jadwal sholat digital ini bekerja secara otomatis .

Adapun waktu –waktu yang di pergunakan seperti waktu syuruq, imsak , shubuh, dzuhur, ashar, maghrib dan isya. Waktu yang pergunakan dalam jadwal sholat digital ini berdasarkan ketentuan Departemen Agama Republik Indonesia dan sesuai dengan masing-masing wilayah maupun daerah setempat , dalam arti customer yang membeli jam jadwal sholat digital pada salah satu produsen jam jadwal sholat digital.

Adapun kemudahan yang kita dapat dari jam jadwal sholat digital mini adalah kita bisa mengatur jeda waktu antara adzan dengan iqomah sesuai dengan yang kita inginkan, sehingga kita maupun jama’ah masjid maupun musholla bisa melaksanakan sholat sunnah sebelum imam memulai sholat.

Waktu yang di pakai dalam jadwal sholat digital selain lima waktu dalam sholat yang sering di pakai oleh dkm masjid maupun musholla dan perorangan ini adalah waktu imsak, yang mana waktu ini bisa di pergunakan dalam bulan suci ramadhan untuk menentukan batas awal puasa di laksanakan. Adapun pemakaian waktu imsak dalam jadwal sholat digital ini biasanya di pesan oleh para dkm musholla maupun masjid yaitu pada saat menjelang bulan suci ramadhan. Pemesanan jadwal sholat digital ini biasanya akan ramai di pesan oleh dkm mushola, dkm masjid maupun perorangan yaitu pada saat beberapa bulan menjelang suci ramadhan yang di ikuti dengan pemesanan waktu imsak seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

Dan tidak sedikit para dkm masjid dan musholla akan berusaha memperbaiki jadwal sholat digital yang mereka pernah pesan pada produsen sebelumnya. Dan adapula yang memang dengan sengaja untuk memesan kembali dengan desain, background dan ukuran yang baru. Walaupun pada dasarnya jadwal sholat digital ini keakuratannya akan berfungsi hingga seratus tahun lamanya. Adapun waktu lain yang di pesan oleh para dkm masjid dan musholla adalah waktu syuruq yang di pergunakan untuk mengetahui berakhirnya waktu shubuh dan untuk mengetahui waktu dhuha setelah 15 menit berakhirnya dari waktu syuruq.

Oleh karena itu jadwal sholat digital saat ini benar-benar sangat membantu kita dalam menentukan waktu sholat, sehingga kita tidak terbentur dengan menunggu-nunggu muadzin untuk mengumandangkan adzan di mushola maupun di masjid bila waktu sholat tiba. Demikianlah sekelumit tentang jadwal sholat digital yang saya ketahui saat ini.